PROPOSAL PERMOHONAN IJIN PENDIRIAN TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU “UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL”
PROPOSAL
PERMOHONAN
IJIN PENDIRIAN TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU
“UMMI
HANNIYA ISLAMIC SCHOOL”
DIAJUKAN
OLEH :
PENYELENGGARA
PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU
“
UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL”
KOTA BATAM
KEPULAUAN RIAU
2016
Nomor : 001 /
YUH / 2016
Lampiran : Satu
Bendel
Perihal :
Permohonan Ijin Pendirian Taman Kanak-kanak Islam Terpadu ( TKIT ) Ummi
Hanniya Islamic School
Yth,
Bpk Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam
Melalui
Kepala Cabang Dinas
Pendidikan
Kecamatan Seibeduk
Assalamu’alaikum Wr, Wb.
Salam sejahtera semoga ALLAH SWT senantiasa melimpahkan
Rahmad Taufik-Nyakepada kita semua sehingga kita sukses dalam menjalankan tugas
keseharian kita.Selanjutnya kami sampaikan bahwa Yayasan Ummi Hanniya telah
membuka pendidikan pra sekolah ( TKIT ) Ummi Hanniya Islamic School pada
tanggal 4
Januari 2016, sekarang
sudah berjalan lancar dan semakin berkembang, oleh karena itu demi kelancaran
program pendidikan tersebut kami mengajukan permohonan ijin penyelenggaraan
pendirian ( TKIT ) Ummi Hanniya Islamic School.Demikian
surat permohonan ini kami ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya kamiucapkan
terima kasih.Wasaalamu ’ alikum Wr. Wb.
Batam, 25 November 2016
KETUA YAYASAN,
( ETTY YAHTINI )
SURAT
KETERANGAN
NOMOR
: 17 / YUH / I / 2016
Yang bertanda tangan dibawah ini kami :
Nama : Etty Yahtini
Jabatan : Ketua Yayasan Ummi Hanniya
Alamat : Mega Legenda Blok B2 33A Batam Centre
Menerangkan dengan sebenarnya bahwa TKIT UMMI HANNIYA
ISLAMIC SCHOOL telah dirintis sejak 4 Januari 2016 dan berada pada lingkungan
lembaga pendidikan kami yang beralamat di Kel. Mangsang Kec. Seibeduk Blok M
64-65 Tanjungpiayu, Batam Kepulauan riau dipimpin oleh :
Nama : Etty
Yahtini
Tempat , Tanggal Lahir : Belawan, 12/09/79
Jabatan : Ketua
Yayasan Ummi Hanniya
Alamat : Mega
Legenda Blok B2 33A Batam Centre
Demikian Surat keterangan ini kami buat, untuk dipergunakan
sebagaimana mestinya.
Batam, 25 November 2016
KETUA YAYASAN,
( ETTY YAHTINI )
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL ………………………………………. i
SURAT PERMOHONAN…………………………………….. ii
SURAT KETERANGAN ……………………………………..iii
DAFTAR ISI…………………………………………………... iv
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar belakang………………………………………….…. 1
B.
Dasar………………………………………………………..1
C. Tujuan Program………………………………………….....1
D. Manfaat Program………………………………………..…. 2
BAB II KEADAAN KELEMBAGAAN
A. Peserta Didik…………………………………………..…... 3
B. Tenaga Pendidik…………………………………………….3
C. Lokasi Kegiatan……………………………………………..3
D. Program Pembelajaran……………………………………....4
E. Hasil yang akan Dicapai………………………………….... 4
F. Sarana yang Dimiliki……………………………………..... 5
G. Data Siswa & Foto-Foto TKIT UHIS...………………..…. 6
H. Struktur Organisasi …………………………………..…… 7
BAB III PENUTUP
A.
Kritik
dan Saran …………………………………………... 9
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Melihat
dari Visi dan Misi Pendidikan Nasional antara lain :
1. Mengupayakan perluasan dan
pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh Rakyat
Indonesia.
2.
Membantu dan memfasilitasi pengembangan
potensi anak bangsa secara utuh sejak diniusia sampai akhir hayat dalam rangka
mewujudkan masyarakat belajar yang madani.
3.
Memberdayakan
peran serta masyarakat dalam penyelanggaraan pendidikanberdasarkan prinsip - prinsip
otonomi dalam konteks Negara Kesatuan Republik IndonesiaOleh sebab itu kami
sebagai masyarakat merasa terpanggil untuk ikut serta menanganiPendidikan Mulia
Anak Usia Dini.Tapi keikutsertaan kami tidak akan berarti tanpa bantuan /
dorongan dari pemerintah.
B.
DASAR
Yang
mendasari pendirian kelompok bermain Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu ini adalah:
1.
Berdasarkan UU No. 6 tahun 1974 tentang kesejahteraan sosisal
2.
Berdasarkan UU No. 4 tahun 1974 tentang kesehatan anak
3.
Berdasarkan UU No. 10 tahun 1992 tentang kependudukan dan keluarga sejahtera.
4.
Berdasarkan UU No. 22 tahun 2000 tentang otoda
5.
Berdasarkan UU No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak
6.
Berdasarkan UU No. 28 tahun 2003 tentang pendidikan nasional
C.
TUJUAN
1.
Membantu peran orang tua memiliki keterbatasan waktu dalam mengasuh anak agar mendapatkan
pendidikan yang insentif.
2. Membantu peran orang tua dalam upaya mengembangkan
dan mengoptomalkan aspek -
aspek perkembangan yang dimiliki anak sesuai dengan tingkat kemampuan dan bakatanak.
D.
MANFAAT PROGRAM
Program
ini bermanfaat :
1. Bagi anak anak
usia dini yang membutuhkan pelayanan pendidikan secara layak.
2. Bagi orang tua yang membutuhkan pengganti pendidik yang lebih baik
untuk mendidik anak mereka secara baik dan benar
BAB
II
KEAADAN
KELEMBAGAAN
A.
PESERTA DIDIK
1.
Sistem rekrutmen Dalam penjaringan / rekrutmen peserta ada dua pendekatan yaitu
pertama menghubungiwarga masyarakat yang
mempunyai putra putri kecil yang berusia 5 tahun danmenyebarkan brosur
kepada masyarakat sekitar.
2.
Kriteria Peserta Didik Criteria peserta didik yaitu anak yang berumur 5
tahun
3.
Jumlah peserta didik anak untuk tahap pertama dan anak untuk tahap ke tiga
B.
TENAGA PENDIDIK
Tenaga
pendidik diambil dari daerah setempat yang mampu mengajar / mendidik dan
mempunyai ijazah yang layak sebanyak 3 orang sebagai berikut :
|
No
|
Nama
|
Jenis
Kelamin
|
Jabatan
|
|
1
|
Tri
Suseli
|
P
|
Guru
|
|
2
|
Nengsih
|
P
|
Guru
|
|
3
|
Saryati
|
P
|
Guru
|
C. LOKASI KEGIATAN
Lokasi yang digunakan untuk kegiatan :
Mangsang
Permai Blok M 64-65 Kel. Mangsang Kec. Seibeduk Batam Kepulauan Riau
D.
PROGRAM PEMBELAJARAN
1.
Pola penyelenggaraan digambarkan sebagai berikut :
MELAKSANAKAN
IDENTIFIKASI PENETAPAN PROGRAM PEMBELAJARAN PROSES PEMBELAJARAN KELUARAN
-
Calon peserta didik
-
Tenaga pendidik
-
Sarana pendukung Kelompok bermain( TK ) Belajar Sambil Bermain.
Bertambah,Berkembang,Pengetahuan, sikap dan ketrampilan / kreatifitas peserta
didik untuk siap melanjutkan pendidikan ke SD.
2.
Metode dan Proses pembelajaranMenggunakan metode pembelajaran partisipatif,
belajar sambil bermain. Prosespembelajaran
dilakukan dengan langkah
–
langkah sebagai berikut :
a.
Menerima pendaftaran calon peserta didik
b.
Menyiapkan sarana permainan dan alat permainan yang dibutuhkan
c.
Melakukan pembelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :
d.Menggunakan
kurikulum yang telah disusun berdasarkan anak usia 5 Tahun
e.Pembelajaran
dilaksanakan 6 hari kerja ( senin,selasa rabu,kamis, jum’at,dan sabtu)
mulai pukul 07.00 – 10.30 wib.
f.Strategi
pembelajaran lebih banyak bermain sambil belajar.
g.
Evaluasi dilaksanakan melalui pengamatan dewan guru tenaga pendidik.
E. HASIL YANG AKAN
DICAPAI
1.
Aspek- aspek pengembangan yang dimiliki dapat berkembang sesuai dengan
keunikannya.
2. Dapat meringankan
waktu orang tua dalam pengasuhan dan pendidikan.
F. SARANA YANG DIMILIKI
SARANA & PRA SARANA
TKIT UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL
|
No
|
Sarana
& Pra sarana
|
Keterangan
|
|
1
|
Ruang
Belajar
|
Ada
|
|
2
|
Ruang
Guru
|
Ada
|
|
3
|
Ruang
Bermain
|
Ada
|
|
4
|
Mainan
Pembelajaran
|
Ada
|
|
5
|
Perpustakaan
Mini
|
Ada
|
|
6
|
Papan
Tulis
|
Ada
|
|
7
|
Meja
Belajar
|
Ada
|
|
8
|
Kursi
Belajar
|
Ada
|
|
9
|
Masjid
|
Ada
|
|
10
|
Mainan
hiburan
|
Ada
|
|
11
|
Meja
Guru
|
Ada
|
|
12
|
Media Musik (
Angklung , Pianika dll )
|
Ada
|
|
13
|
Komputer
|
Ada
|
|
14
|
Kamar Mandi
|
Ada
|
G.
DATA SISWA DIDIK TKIT UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL
|
No
|
Nama
Siswa
|
Jenis
Kelamin L/P
|
|
1
|
Keyla
Almoira Iswahyudi
|
P
|
|
2
|
Najwa
Amalia .P
|
P
|
|
3
|
Olifianisa
Azahra
|
P
|
|
4
|
Muhammad
Ibrahim
|
L
|
|
5
|
Arkan
Ramadhan
|
L
|
|
6
|
Syakila
Gyntia Dewi
|
P
|
|
7
|
Nauval
|
L
|
|
8
|
Adam
Firdaus
|
L
|
|
9
|
Putri
Nur Hafizah
|
P
|
|
10
|
Ainun
Nikmatus .s
|
P
|
|
11
|
Rudheah
Hartati
|
P
|
|
12
|
Tegar
Pitra .P
|
L
|
|
13
|
Aura Asti
|
P
|
|
14
|
Syakira
Dwi Fardhani
|
P
|
|
15
|
Azyyati
Fathaniah
|
P
|
|
16
|
Rizky
Pamungkas
|
L
|
|
17
|
Rehan
Rasyid Rabbani
|
L
|
|
18
|
Anggraini
Utami
|
P
|
|
19
|
Alif
Pratama
|
L
|
|
20
|
Janitra
Zahra S
|
P
|
|
21
|
Rayhan
Eka Pratama
|
L
|
|
22
|
Muhammad
Ulin Nuha
|
L
|
|
23
|
Salsabila
Ramah Mulya
|
P
|
|
24
|
Talitha
Salwa Wijdaniyah
|
P
|
|
25
|
Zalky
Rifaldo
|
L
|
Batam,
25 November 2016
Ketua Yayasan ,
( ETTY YAHTINI )
Foto Taman
Kanak-kanak Islam Terpadu
“Ummi Hanniya
Islamic School”
Gambar
1. Kegiatan Sabtu Pagi TKIT UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL
Gambar
2. Foto Salah 1 Ruang Kelas Pembelajaran
Gambar
3. Para Juara Murid-Murid TKIT UHIS Dalam Acara Kepri Mall Great Expo
Gambar
4. Ruang Bermain TKIT UHIS
Gambar
5. Proses Pembelajaran TKIT UHIS
Gambar 6. Tampak Depan dan Belakang TKIT UHIS
H. STRUKTUR ORGANISASI PENGELOLA
TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU
“ UMMI HANNIYA
ISLAMIC SCHOOL”
Pembina : Almondra
Ketua
Yayasan : Etty Yahtini
Sekertaris : Debi Habibi
Bendahara : Mastiana Hasibuan
Anggota
: - Tri Suseli
- Nengsih
- Saryati
DAFTAR PENDIDIK
DAN PENGELOLA
TKIT UMMI
HANNIYA ISLAMIC SCHOOL
|
No
|
Nama
|
Jabatan
|
|
1
|
Tri
Suseli
|
Guru
|
|
2
|
Nengsih
|
Guru
|
|
3
|
Saryati
|
Guru
|
Batam, 25 November 2016
Ketua Yayasan ,
(ETTY YAHTINI)
BAB
III
PENUTUP
A. Kritik Dan Saran
Alhamdulillah dengan Ridho ALLAH SWT. Akhirnya terbentuklah
suatu Lembaga Pendidikan TKIT UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL Di kelurahan mangsang
kecamatan seibeduk tanjung piayu Batam Kepulauan Riau.Walaupun masih kurang
dari sempurna, dengan demikian bimbingan dan arahan dari bapak Kepala Dinas
Pendidikan Kota Batam, serta instansi terkait lainnya.Demi kemajuan dan
kesempurnaan lembaga pendidikan kami dalam rangka mempersiapkan generasi yang
trampil dengan kesiapan Iman dan Taqwa.



Komentar
Posting Komentar