PROPOSAL PERMOHONAN IJIN PENDIRIAN TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU “UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL”


PROPOSAL
PERMOHONAN IJIN PENDIRIAN TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU
“UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL”




 



DIAJUKAN OLEH :
PENYELENGGARA PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU
“ UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL”



KOTA BATAM 
KEPULAUAN RIAU
2016 



Nomor       : 001 / YUH / 2016
Lampiran   : Satu Bendel
Perihal        : Permohonan Ijin Pendirian Taman Kanak-kanak Islam Terpadu ( TKIT ) Ummi 
        Hanniya Islamic School
Yth,
Bpk Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam
Melalui
 Kepala Cabang Dinas Pendidikan
Kecamatan Seibeduk

Assalamu’alaikum Wr, Wb.
Salam sejahtera semoga ALLAH SWT senantiasa melimpahkan Rahmad Taufik-Nyakepada kita semua sehingga kita sukses dalam menjalankan tugas keseharian kita.Selanjutnya kami sampaikan bahwa Yayasan Ummi Hanniya telah membuka pendidikan pra sekolah ( TKIT ) Ummi Hanniya Islamic School pada tanggal 4 Januari 2016, sekarang sudah berjalan lancar dan semakin berkembang, oleh karena itu demi kelancaran program pendidikan tersebut kami mengajukan permohonan ijin penyelenggaraan pendirian ( TKIT ) Ummi Hanniya Islamic School.Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya kamiucapkan terima kasih.Wasaalamu ’ alikum Wr. Wb.
 Batam, 25 November 2016
KETUA YAYASAN,


( ETTY YAHTINI )


 





SURAT KETERANGAN
NOMOR : 17 / YUH / I / 2016

Yang bertanda tangan dibawah ini kami :
Nama                             : Etty Yahtini
Jabatan                          : Ketua Yayasan Ummi Hanniya
Alamat                          : Mega Legenda Blok B2 33A Batam Centre

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa TKIT UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL telah dirintis sejak 4 Januari 2016 dan berada pada lingkungan lembaga pendidikan kami yang beralamat di Kel. Mangsang Kec. Seibeduk Blok M 64-65 Tanjungpiayu, Batam Kepulauan riau dipimpin oleh :
Nama                              : Etty Yahtini
Tempat , Tanggal Lahir : Belawan, 12/09/79
Jabatan                                       : Ketua Yayasan Ummi Hanniya
Alamat                                       : Mega Legenda Blok B2 33A Batam Centre
Demikian Surat keterangan ini kami buat, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Batam, 25 November 2016
KETUA YAYASAN,


( ETTY YAHTINI )

DAFTAR ISI
 HALAMAN SAMPUL ………………………………………. i
SURAT PERMOHONAN…………………………………….. ii
SURAT KETERANGAN ……………………………………..iii
DAFTAR ISI…………………………………………………... iv
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar belakang………………………………………….…. 1
B.     Dasar………………………………………………………..1
C.     Tujuan Program………………………………………….....1
D. Manfaat Program………………………………………..…. 2
BAB II KEADAAN KELEMBAGAAN
A. Peserta Didik…………………………………………..…... 3
B. Tenaga Pendidik…………………………………………….3
C. Lokasi Kegiatan……………………………………………..3
D. Program Pembelajaran……………………………………....4
E. Hasil yang akan Dicapai………………………………….... 4
F. Sarana yang Dimiliki……………………………………..... 5
G. Data Siswa & Foto-Foto TKIT UHIS...………………..…. 6
H. Struktur Organisasi …………………………………..…… 7

 BAB III PENUTUP
A.    Kritik dan Saran …………………………………………... 9

LAMPIRAN-LAMPIRAN







BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Melihat dari Visi dan Misi Pendidikan Nasional antara lain :
1.      Mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh Rakyat Indonesia.
2.       Membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak diniusia sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar yang madani.
3.      Memberdayakan peran serta masyarakat dalam penyelanggaraan pendidikanberdasarkan prinsip - prinsip otonomi dalam konteks Negara Kesatuan Republik IndonesiaOleh sebab itu kami sebagai masyarakat merasa terpanggil untuk ikut serta menanganiPendidikan Mulia Anak Usia Dini.Tapi keikutsertaan kami tidak akan berarti tanpa bantuan / dorongan dari pemerintah.

B. DASAR
Yang mendasari pendirian kelompok bermain  Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu ini adalah:
1. Berdasarkan UU No. 6 tahun 1974 tentang kesejahteraan sosisal
2. Berdasarkan UU No. 4 tahun 1974 tentang kesehatan anak 
3. Berdasarkan UU No. 10 tahun 1992 tentang kependudukan dan keluarga sejahtera.
4. Berdasarkan UU No. 22 tahun 2000 tentang otoda
5. Berdasarkan UU No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak 
6. Berdasarkan UU No. 28 tahun 2003 tentang pendidikan nasional

C. TUJUAN
1. Membantu peran orang tua memiliki keterbatasan waktu dalam mengasuh anak agar mendapatkan pendidikan yang insentif.
2. Membantu peran orang tua dalam upaya mengembangkan dan mengoptomalkan aspek - aspek perkembangan yang dimiliki anak sesuai dengan tingkat kemampuan dan bakatanak.

D. MANFAAT PROGRAM
Program ini bermanfaat :
1. Bagi anak anak usia dini yang membutuhkan pelayanan pendidikan secara layak.
2. Bagi orang tua yang membutuhkan pengganti pendidik yang lebih baik untuk mendidik anak mereka secara baik dan benar


























BAB II
KEAADAN KELEMBAGAAN

A. PESERTA DIDIK
1. Sistem rekrutmen Dalam penjaringan / rekrutmen peserta ada dua pendekatan yaitu pertama menghubungiwarga masyarakat yang mempunyai putra putri kecil yang berusia 5 tahun danmenyebarkan brosur kepada masyarakat sekitar.
2. Kriteria Peserta Didik Criteria peserta didik yaitu anak yang berumur 5 tahun
3. Jumlah peserta didik anak untuk tahap pertama dan anak untuk tahap ke tiga

B. TENAGA PENDIDIK
Tenaga pendidik diambil dari daerah setempat yang mampu mengajar / mendidik dan mempunyai ijazah yang layak sebanyak 3 orang sebagai berikut :
No
Nama
Jenis Kelamin
Jabatan
1
Tri Suseli
P
Guru
2
Nengsih
P
Guru
3
Saryati
P
Guru

C.     LOKASI KEGIATAN
Lokasi yang digunakan untuk kegiatan :
Mangsang Permai Blok M 64-65 Kel. Mangsang Kec. Seibeduk Batam Kepulauan Riau









D. PROGRAM PEMBELAJARAN
1. Pola penyelenggaraan digambarkan sebagai berikut :
MELAKSANAKAN IDENTIFIKASI PENETAPAN PROGRAM PEMBELAJARAN PROSES PEMBELAJARAN KELUARAN
- Calon peserta didik
 - Tenaga pendidik 
- Sarana pendukung Kelompok bermain( TK ) Belajar Sambil Bermain. Bertambah,Berkembang,Pengetahuan, sikap dan ketrampilan / kreatifitas peserta didik untuk siap melanjutkan pendidikan ke SD.
2. Metode dan Proses pembelajaranMenggunakan metode pembelajaran partisipatif, belajar sambil bermain. Prosespembelajaran dilakukan dengan langkah
 –  langkah sebagai berikut :
a. Menerima pendaftaran calon peserta didik 
b. Menyiapkan sarana permainan dan alat permainan yang dibutuhkan
c. Melakukan pembelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :
d.Menggunakan kurikulum yang telah disusun berdasarkan anak usia 5 Tahun
e.Pembelajaran dilaksanakan 6 hari kerja ( senin,selasa rabu,kamis, jum’at,dan sabtu) mulai pukul 07.00 –  10.30 wib.
f.Strategi pembelajaran lebih banyak bermain sambil belajar.
g. Evaluasi dilaksanakan melalui pengamatan dewan guru tenaga pendidik.

E. HASIL YANG AKAN DICAPAI
1. Aspek- aspek pengembangan yang dimiliki dapat berkembang sesuai dengan keunikannya.
2. Dapat meringankan waktu orang tua dalam pengasuhan dan pendidikan.






F. SARANA YANG DIMILIKI
SARANA & PRA SARANA TKIT UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL
No
Sarana & Pra sarana
Keterangan
1
Ruang Belajar
Ada
2
Ruang Guru
Ada
3
Ruang Bermain
Ada
4
Mainan Pembelajaran
Ada
5
Perpustakaan Mini
Ada
6
Papan Tulis
Ada
7
Meja Belajar
Ada
8
Kursi Belajar
Ada
9
Masjid
Ada
10
Mainan hiburan
Ada
11
Meja Guru
Ada
12
Media Musik  ( Angklung , Pianika dll )
Ada
13
Komputer
Ada
14
Kamar Mandi
Ada

G. DATA SISWA DIDIK TKIT UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL
No
Nama Siswa
Jenis Kelamin L/P
1
Keyla Almoira Iswahyudi
P
2
Najwa Amalia .P
P
3
Olifianisa Azahra
P
4
Muhammad Ibrahim
L
5
Arkan Ramadhan
L
6
Syakila Gyntia Dewi
P
7
Nauval
L
8
Adam Firdaus
L
9
Putri Nur Hafizah
P
10
Ainun Nikmatus .s
P
11
Rudheah Hartati
P
12
Tegar Pitra .P
L
13
Aura  Asti
P
14
Syakira Dwi Fardhani
P
15
Azyyati Fathaniah
P
16
Rizky Pamungkas
L
17
Rehan Rasyid Rabbani
L
18
Anggraini Utami
P
19
Alif Pratama
L
20
Janitra Zahra S
P
21
Rayhan Eka Pratama
L
22
Muhammad Ulin Nuha
L
23
Salsabila Ramah Mulya
P
24
Talitha Salwa Wijdaniyah
P
25
Zalky Rifaldo
L




                                                            Batam, 25 November 2016
Ketua Yayasan ,


    ( ETTY YAHTINI )





Foto Taman Kanak-kanak Islam Terpadu
“Ummi Hanniya Islamic School”


Gambar 1. Kegiatan Sabtu Pagi TKIT UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL



Gambar 2. Foto Salah 1 Ruang Kelas Pembelajaran







Gambar 3. Para Juara Murid-Murid TKIT UHIS Dalam Acara Kepri Mall Great Expo




Gambar 4. Ruang Bermain TKIT UHIS




Gambar 5. Proses Pembelajaran TKIT UHIS

  
Gambar 6.  Tampak Depan dan Belakang TKIT UHIS











H. STRUKTUR ORGANISASI PENGELOLA TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU
“ UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL”

Pembina                      : Almondra
Ketua Yayasan            : Etty Yahtini
Sekertaris                    : Debi Habibi
Bendahara                   : Mastiana Hasibuan
Anggota                      : - Tri Suseli
                                      - Nengsih
                                      - Saryati

DAFTAR PENDIDIK DAN PENGELOLA
TKIT UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL

No
Nama
Jabatan
1
Tri Suseli
Guru
2
Nengsih
Guru
3
Saryati
Guru

                                                                                                            Batam, 25 November 2016
                                                                                                            Ketua Yayasan ,
           

                                                                                                            (ETTY YAHTINI)






BAB III
PENUTUP

A.    Kritik Dan Saran
Alhamdulillah dengan Ridho ALLAH SWT. Akhirnya terbentuklah suatu Lembaga Pendidikan TKIT UMMI HANNIYA ISLAMIC SCHOOL Di kelurahan mangsang kecamatan seibeduk tanjung piayu Batam Kepulauan Riau.Walaupun masih kurang dari sempurna, dengan demikian bimbingan dan arahan dari bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, serta instansi terkait lainnya.Demi kemajuan dan kesempurnaan lembaga pendidikan kami dalam rangka mempersiapkan generasi yang trampil dengan kesiapan Iman dan Taqwa.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Betapa Miskinnya Kita

Desainer Muda